YAYASAN AL- MUBAROK MANDALA RUBARU SUMENEP : MENCIPTAKAN PESERTA DIDIK YANG TANGGU DAN AMANAH

Kini di tengah-tengah sistem Pendidikan Nasional yang selalu berubah-rubah dalam jeda waktu yang tidak lama, apresiasi masyarakat Islam Indonesia terhadap pesantren makin hari makin besar, pesantren yang asalnya sebagai Rural Based Institusion kemudian berkembang menjadi lembaga pendidikan urban.

Pesantren dengan berbagai macam basisnya yang ada di Indonesia menambah keyakinan potensi pesantren sangat penting diantaranya :

  1. Pesantren berbasis agama,
  2. Pesantren berbasis modern seperti keahlian bidang bahasa Arab dan Inggris,
  3. Pesantren berbasis ilmu pengetahuan,
  4. Pesantren berbasis teknologi dan informasi. Pesantren berbasis ekonomi dan berbagai macam pesantren    yang sudah ada di bumi nusantara ini merupakan fenomena nyata yang sangat menarik untuk dilestarikan dan dikembangkan.

Alumni pesantren tidak perlu lagi diragukan kapabelitasnya di tengah-tengah masyarakat. Banyak sudah bukti yang ditunjukkan oleh lembaga pesantren. Pesantren telah melahirkan alumni yang berkepribadian kompleks dan profesional. Hingga hari ini, pesantren telah melahirkan alumni yang berkualitas dari berbagai macam keahlian. Aneka ragam keahlian ini menunjukkan kualitas alumni perlu dikembangkan.

Misalnya, dalam bidang pencerahan masyarakat sebagai juru dakwah pun menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan. Sebagai juru dakwah sangat dibutuhkan ulama’ yang shaleh dan cendekia yang hafal Al-Qur’an beserta Qur’annya Serta mampu mengaktualisasikannya dalam masyarakat. Karenanya, diperlukan pesantren yang sesuai dengan keahliannya.

Sejararah Berdirinya Yayasan Pondok Pesantren Al- Mubarok Desa Mandala Kec. Rubaru Sumenep

Ketika awal bulan april tahun 2000 kami pengelola kedatangan seorang mukasyafah beliau keturunan pondok pesantren Al-Karawi (K.MUBAROK) beliau mengatakan : Dilahan ini harus d i bangun pondok pesantren, Oleh sebab itu, KH.FATHORRAHMAN.S.Ag muncul keinginan dan inisiatif untuk mendirikan sebuah lembaga pendidikan pesantren yang menciptakan ulama’ yang cendekia
dan memberi nama (PONDOK PESANTREN AL-MUBAROK) maka kami dengan hati yang tulus berinisiatif untuk mengembangkan syariat islam, pengembangan kitab klasik/ kitab kuning,, serta membaca dengan metode Iktisyaf

Pada awal bulan juni tahun 2000 kami dengan tabarruk terhadap guru kami, pengasuh pondok pesantren Bata-Bata pamekasan (RKH. ABD HAMID AMZ) maka, oleh beliau merestui untuk di dirikan pondok pesantren, dengan syarat :

  1. Berniat dengan hati yang tulus, liikla likalimatillah
  2. Ingin mensyiarkan syariat islam,mengembangkan hukuwah islamiyah serta sosial kemasyarakatan.
  3. Berstiqamah dalam menjalankan amanah
  4. Mengembangkan kitab klasik/kitab kuning utamanya pengetahuan ilmi alat (yang disebut ilmu Nahwu/Sorrof)
  5. Disyarankan mengumpulkan tokoh masyarakat (TOMAS) lingkungan simpatisan masyarakat serta wali murid
Dengan demikian setelah kami tabarrukan,serta mengkaji dalam 4 syarat diatas maka berdirilah pondok pesantren ( Al-Mubarok) pada tanggal 10 bulan juni tahun 2000 ( 12 muharram 1417 H )


VISI & MISI

VISI :

Meningkatkan mutu pendidikan, serta dasar dasar karakter dan punya kemampuan berpikir yg kuat dan lebih mencinatai tanah air, serta punya rasa tanggungjawab yang tinggi dengan berlandaskan al-qur,an dan al- hadist.

MISI

  1. Menumbuhkan dasar dasar kemahiran membaca, menulis, berhitung dan berpikir kritis
  2. Mempersiapkan anak didik yang trampil dan cakap untuk menghadapi era globalisasi dan informasi yang semakin canggih.
  3. Menanamkan dasar dasar prilaku mulia, dan berbudi tinggi serta berahlaqul karimah
  4. Menumbuhkan sikap sikap toleran ,tanggungjawab, mandiri, berwira usaha
  5. Membentuk rasa cinta tanah air dan produksi sendiri/Negara Indonisia

Berdasarkan pemikiran diatas, maka kehadiran pesantren yang berbasiskan ilmu keagamaan yang bernama “Ponpes Al-Mubarok” sangat diharapkan keberadaannya oleh masyarakat Sekitar kec Rubaru khususnya dan masyarakat Sumenep pada umumnya dalam rangka untuk menyiapkan generasi masa depan yang dapat memiliki kompetensi khusus menjadi imam, khatib dan hafidz yang cerdas dan ikhlas.

Yayasan Pondok Pesanren “ Al-Mubarok “ yang diasuh oleh Kh.Fathorrahman,S.Ag yang menaungi beberapa lembaga pendidikan diantaranya :


  1. Lembaga formal dan Non Formal ( PAUD,RA,MI,MTs,MA & MDT)
  2. Panti asuhan, Al-Mubarok
  3. Pondok Pesantren : Al- Mubarok
  4. Lembaga Pengembangan Bahasa Arab dan Kitabiyah,.B.Inggris
Lembaga Pendidikan Sosial Anak ( LPSA)

Tidak ada komentar:

| Copyright © 2013 tabloid cendekia utama