PROFIL TABLOID CENDEKIA UTAMA

“Ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani.
Di Depan, Seorang Pendidik harus memberi Teladan atau
Contoh Tindakan Yang Baik, Di tengah atau di antara Murid,
Guru harus menciptakan prakarsa dan ide,
Dari belakang Seorang Guru harus Memberikan dorongan dan Arahan”

“Apapun yang dilakukan oleh seseorang itu,
hendaknya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri,
bermanfaat bagi bangsanya,
dan bermanfaat bagi manusia di dunia pada umumnya.”
(Ki Hadjar Dewantara)

“Yang ada tak terjangkau, yang menjangkau tak terbeli.”
Tabloid Cendekia Utama
berusaha mengemas informasi seputar dunia
pendidikan kepada para anak didik,
baik yang sudah menempuh pendidikan
secara formal maupun non formal.

Segmentasi tersebut tentu saja sangat potensial
yang terbuka dan selalu membutuhkan pengetahuan dan
informasi mengenai pola pengasuhan, perawatan, pendidikan dan
perlindungan demi terwujudnya sebuah pendidikan yang
sesuai dengan amanat para leluhur bangsa yang sudah
kejewantahkan dalam amanat undang-undang Bangsa ini.

Semoga Allah Yang Maha Kuasa
senantiasa memberi jalan atas usaha ini,
memberkati ikhtiar kami.
Terima kasih kepada semua pihak terkait, masukan, saran dan
kritik yang membangun tentu saja sangat kami harapkan




AFIF HIDAYAT, SE
Direktur Utama,



Profil




A. LATAR BELAKANG

Media massa merupakan suatu sumber informasi dalam kehidupan moderen. Media massa biasa dianggap sebagai sumber berita dan hiburan. Majalah sebagai salah satu jenis media massa yang membawa pesan-pesan persuasif. Sebagaimana yang kita ketahui, saat ini penyebaran Tabloid tidak hanya tertuju kepada masyarakat lokal saja akan tetapi juga di masing-masing negara, bahkan di seluruh dunia.

Mesin media massa cetak dibawa VOC pertama kalinya pada abad ke-17 di Indonesia dan memulai sejarah penerbitan pers di Indonesia. Sejak itu pula bermunculan berbagai jenis media cetak di Indonesia. Majalah sebagai salah satu media massa cetak yang telah berkembang dengan pesat, hal ini bisa dilihat dari munculnya majalah, tabloid dan berbagai jenis media lainya. (sumber: http://id.wikipedia.org).

Tabloid adalah kumpulan berita-olahan atau berita investigatif, artikel, berita atau iklan yang terbit berkala (biasanya tiap minggu), dan dicetak dalam kertas yang ukurannya lebih kecil daripada plano (broadsheet ). Penerbitan tabloid di Barat (tempat asal lahirnya) dilandasi semangat sensasional (disebut juga jurnalisme got), karena pemberitaannya yang sensasional, transparan, mengerahkan narasumber, dan menggemparkan khalayak pembaca.

Untuk itu seiring dengan munculnya era transparansi, khususnya dalam atmosfer nasional pasca menggeliatnya Momentum Reformasi Tahun 1998, yang diiringi dengan kebebasan memberdayakan potensi yang ada di setiap warga bangsa Indonesia, sehingga pada salah satu pihak terasa mendulang manfaat, karena masyarakat dapat melakukan ragam metoda aktivitas dalam menyikapi hidupnya, disamping juga memperoleh berbagai peluang yang tanpa terasa tertimbun didalam serpihan dampak negatif tentang arah kebebasan dalam berekspresi, terutama dalam menghadapi pasar bebas dan arus globalisasi, ditandai dengan munculnya beragam aktivitas dan kesempatan seluas-luasnya bagi kelompok maupun individu masyarakat Indonesia untuk turut serta berpartisipasi dalam pembangunan bangsa khususnya melalui media informasi baik berupa media cetak maupun media elektronik.

Tuntutan Era Globalisasi akan kualitas sumber daya manusia yang sejajar dengan belahan dunia lainnya, memicu dinamika di dunia pendidikan dasar hingga menengah di Indonesia, maka pemerintah khususnya departemen pendidikan, mencetuskan berbagai kebijakan yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang merupakan output dari sebuah proses pendidikan, mulai dari menyempurnakan kurikulum sekolah kejuruan, menerapkan UAN untuk sebuah standar Nasional dari sebuah kelulusan hingga RSBI di Indonesia.

Terlepas dari proses penerapan kebijakan di atas yang cukup mengundang pro dan kontra di masyarakat, tidak dapat di pungkiri, eksistensi kreatifitas dan inovasi para siswa harus selalu mengalir serta terasah dari latihan yang nyata dan berkesinambungan, tersedianya fasilitas untuk mengakses berbagai informasi yang berkembang, layak menjadi referensi.

Pesatnya perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi mengambil ruang yang tidak sedikit dalam penentuan kualitas individu, namun terbatasnya media informasi yang menyosialisasikan perkembangan teknologi ini kerap memicu ketidak siapan mental untuk mengarungi dunia Teknologi Informasi niscaya berdampak sebaliknya.

Disisi lain, reformasi yang berkembang hingga kini dirasakan belum berdampak sesuai harapan bangsa Indonesia, berbagai isu politik dan bencana alam yang bertubi-tubi dikhawatirkan memicu geliat pertumbuhan berbagai sector ke arah penurunan, namun karena mempertimbangkan kebutuhan dan visi-misi sosial serta beban moral sebagai anak bangsa yang harus tetap eksis menghadapi arus globalisasi, maka tidak berlebihan kiranya, kami sekelompok masyarakat kecil yang tumbuh di lapangan, memiliki latar belakang pendidikan ala kadarnya dan pengetahuan tentang perkembangan teknologi informasi dibidang pendidikan dan sebagaimana yang telah kami utarakan diawal bahwa kami akan menyajikan sebuah tabloid yang dikhususkan pada masalah pendidikan.

Kami menyadari, begitu banyak media cetak yang sifatnya umum terbit di Kabupaten Sumenep, namun untuk media yang khusus menginformasikan seputar pendidikan bisa kami sebut sangat minim sekali.
B. MAKSUD & TUJUAN

Tabloid Cendekia Utama selain memberikan ruang bagi berbagai potensi agar bisa menjadi prestasi diharapkan dapat memberikan referensi bagi civitas intastansi/lembaga pendidikan yang ada dikabupaten Sumenep dan secara umum di jawa timur dan indonesia, agar nantinya bisa saling belajar dari kelebihan masing masing, mengingat yang dibahas nantinya adalah berupa prestasi inovasi dan kreasi di berbagai bidang di lingkungan lembaga lembaga pendidikan yang ada disemua lembaga pendidikan kita.

Menyediakan ruang bagi lingkungan lembaga pendidikan untuk mengenal lebih dekat tentang perkembangan pendidikan, Info beasiswa, serta informasi bermanfaat lainya yang menjadi pelengkap dalam menyongsong proses kejenjang berikutnya.


C. VISI DAN MISI

VISI : Membuka wawasan, mencerdaskan dan memberdayakan kreatifitas, Siswa, Lembaga Pendidikan khususnya baik pendidikan formal ataupun non formal

MISI : Media yang turut menyuarakan dan mengakomodir setiap Potensi agar Menjadi sebuah Prestasi dengan Semangat dan Persistensi, yang tidak bisa lepas dari amanat para pendiri bangsa Indonesia tercinta.


D. PROFIL

Nama Tabloid : CENDEKIA UTAMA
“Intelectual Acces Centre For Education”

Penerbit : CV MITRA CENDEKIA UTAMA SURABAYA
Jenis Penerbitan : Media Cetak
Format : Tabloid ( 27 X 38 cm )
Jumlah Halaman : 34 halaman
Halaman Warna : Halaman 1 Cover depan, dan beberapa halaman lainnya
Jenis kertas : HVS 80 gram
Waktu terbit : 1 kali sebulan (Bulanan)
Tiras : 1000 exemplar

TABLOID CENDEKIA UTAMA
“Intelectual Acces Centre for Education”:

Diterbitkan sebagai bacaan alternatif dan cerdas bagi para peserta didik/siswa, dewan Guru, para praktisi pendidikan, orang tua di semua lapisan sosial dengan menyajikan pengetahuan dan informasi aktual, terpercaya dan berkualitas mengenai pengasuhan, perawatan, pendidikan.

TABLOID CENDEKIA UTAMA
“Intelectual Acces Centre for Education”:

Mendedikasikan diri sebagai media Intelectual Acces Centre for Education yang menggambarkan semangat tanpa henti sebagai teman bagi para siswa, guru, dalam mempersiapkan kematangan dalam sebuah pendidikan.

TABLOID CENDEKIA UTAMA
“Intelectual Acces Centre for Education”:

Akan tersebar di seluruh Indonesia, khususnya di kabupaten sumenep dengan memposisikan sebagai tabloid pertama di yang memberikan informasi ragam model pendidikan dan perkembangannya. Maka ia menjadi bacaan penting bagi para pengelola lembaga, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan yang terus tumbuh sampai ke pelosok desa. Maka Dengan seluruh sumberdaya yang tersedia,
TABLOID CENDEKIA UTAMA
“Intelectual Acces Centre for Education”:

Akan terus membangun kepercayaan para orangtua dan mitra bisnis dengan melakukan inovasi-inovasi pada ranah informasi dan desain sehingga selalu tampil menarik, dengan informasi berbobot, komprehensif, menggunakan bahasa populer-ringan, dan mudah dipahami.

E. SASARAN PEMBACA

1. Para Siswa
2. Mahasiswa
3. Para dewan Guru
4. Para Praktisi pendidikan
5. Umum (yang berminat dan peduli terhadap pendidikan)
F. RUBRIKASI

No Nama Rubrikasi Keterangan
1 Salam Redaksi
2 Dari Pembaca
3 Laporan Utama
4 Opini
5 Artikel
6 Profil Mengupas seputar profil singkat Para Dewan Guru, Praktisi Pendidikan, Lembaga Pendidikan,
7 Iptek
8 Promosi
9 Prestasi Mengupas Prestasi Para tenaga pendidik, Lembaga Pendidikan, Siswa-siswi panutan, demikian juga lembaga non formal yang bergerak dibidang pendidikan
10 Pendikan Kesehatan
11 Wanita dan Keluarga
12 Olahraga
13 Khazana & Wisata
14 Budaya



G. SUSUNAN REDAKSI

Penanggung jawab : CV. Penerbit Mitra Cendekia Utama
Pembina : Ach. Fauzi (Wakil Bupati Sumenep)

Direktur : Afif Hidayat, SE
Wakil Direktur : Abd. Rahman
Pimpinan Redaksi : Abdul Mannan Riefa’ie

Sekretaris Redaksi : Intan Kusuma Dewi
Dewan Redaksi : Pusawi Adipoday
Staf Redaksi : Ika Islamiyah,
Khoirul latifah,
Abdullah Helmi

Dewan Ahli : Aziz, En,
H. novel

Reporter : Saniman, (koor)
Fathorrosy,
Khoirul latifah

Manager Marketing : Abdullah Helmi,(koor)
Moh. Hasan,

Manager Iklan : Subaidi, (koor)
Lia sufriyani,

Design Grafis : Tim Kreatif Penerbit CV Mitra Cendekia Utama

H. KONTAK KAMI

Alamat Redaksi : a. Kantor Pusat Jl. Ngagel dadi 1 No.41 surabaya
b. Kantor Pembantu Jl. Melati No.527
Pajagalan Sumenep

Kontak : - 082335635554- 085931227622
- 087850280940- 081934942499

Email : tabloid.cendekiautama.sumenep@gmail.com

I. PENUTUP

Demikianlah rencana dan tujuan serta gambaran umum tentang penerbitan Tabloid ini kami sampaikan dengan sebenar-benarnya. Akan sangat berarti jika semua ini dapat terealisir tanpa halangan. Kami juga mengharapkan adanya kerja sama yang baik dari semua pihak. Besar harapan kami, semoga kerjasama ini dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Akhirnya tanpa mengurangi rasa hormat, kami akan sangat berterima kasih apabila pihak Bapak/Ibu dan rekana-rekan dapat memberikan balasan berupa jawaban atas penawaran yang kami ajukan. Atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan banyak terima kasih.

Sumenep, 15 Jun i 2016



Abdul Manan Riefa’ie Intan Kusuma Dewi
Pimpinan Redaksi Sekretaris Redaksi

Mengetahui




AFIF HIDAYAT,SE
Direktur

Tidak ada komentar:

| Copyright © 2013 tabloid cendekia utama