Apa Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Manusia? Ini Penjelasannya

Tabloid Cendekia Utama: Manfaat olahraga bagi kesehatan manusia jelas sangat banyak dan bisa dirasakan oleh setiap orang. Tak bisa dipungkiri bahwa olahraga menjadi salah satu gaya hidup yang wajib dilakukan setiap orang untuk bisa membuat tubuhnya tetap sehat dan bugar. Sebagai sebuah kegiatan yang bisa melemaskan otot-otot tubuh, olahraga dinilai sangat penting bagi semua orang. Tak peduli itu orang dewasa ataupun anak-anak, jika tak pernah berolahraga pasti akan merasakan dampat negatifnya. Olahraga dianjurkan untuk semua orang, baik yang sehat, sedang menjalankan diet, bahkan bagi orang yang kurang sehat pun terkadang disarankan untuk berolahraga karena faktanya olahraga mampu mengembalikan kesehatan tubuh dan mampu membakar lemak jahat yang tertimbun di dalam tubuh.

Intip Apa Saja Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Manusia

Kita ketahui bersama bahwa kegiatan berolahraga ini sangat menyehatkan tubuh, apalagi jika dilakukan secara rutin. Akan tetapi, di zaman modern yang aktivitasnya serba padat ini banyak sekali orang yang enggan untuk berolahraga dengan berbagai alasan. Biasanya mereka beralasan kalau mereka tidak punya waktu, sudah lelah bekerja, tidak biasa berolahraga, dan sebagainya. Padahal sebenarnya 30 menit saja Anda luangkan waktu untuk berolahraga, hal tersebut sudah berkontribusi besar bagi kesehatan tubuh Anda.
Nah, selain dikatakan bisa menjaga kesehatan tubuh, banyak juga yang mengatakan ahwa olahraga bisa membuat seseorang menjadi lebih cerdas dan mengurangi level stres seseorang. Benarkah demikian? Ternyata benar, selain bermanfaat secara jasmani, ternyata ada juga efek psikologi yang dirasakan oleh orang yang berolahraga. Untuk tahu lebih lengkap mengenai manfaat berolahraga, berikut ini adalah ulasan singkat mengenai manfaat olahraga bagi kesehatan jasmani dan rohani.
  1. Menambah Kebugaran dan Energi Tubuh
Salah satu manfaat olahraga bagi kesehatan manusia yang utama adalah mampu meningkatkan kebugaran dan energi tubuh. Olahraga secara teratur meskipun hanya 30 menit per hari akan mampu meningkatkan kebugaran tubuh secara berarti. Memiliki kebugaran tubuh yang baik akan membuat kita tidak mudah lelah dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Dalam bekerja atau belajar akan mampu berkonsentrasi dalam jangka waktu lama dan tidak akan mudah lelah.
  1. Meningkatkan Imunitas dan Mencegah Sakit
Bagi Anda yang tidak pernah berolahraga, merugilah Anda. Berolahraga akan meningkatkan imunitas tubuh dalam menghadapi serangan-serangan penyakit, salah satunya karena mampu meningkatkan jumlah oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Meningkatnya jumlah oksigen dapat meminimalisir efek radikal bebas yang ada di dalam tubuh karena oksigen merupakan anti-oksidan. Radikal bebas yang mampu merusak susunan protein dalam tubuh terbukti dapat memicu kanker yang sukar diobati dan ada banyak macamnya. Selain itu radikal bebas dapat memicu penyakit-penyakit berbahaya lainnya.

Berolahraga juga mampu memperlancar peredaran darah dan membakar timbunan lemak dalam tubuh, yang tentunya dapat mengurangi resiko penyakit berbahaya seperti jantung, hipertensi, dan stroke. Diabetes, osteoporosis atau pelapukan tulang juga dapat diminimalisir dengan olahraga. Penyakit ringan semacam flu dan batuk dapat dicegah karena imunitas tubuh yang meningkat.
  1. Meningkatkan Mood atau Suasana Hati
Ini dia manfaat olahraga bagi kesehatan jiwa, meskipun Anda hanya melakukannya selama 30 menit per hari, namun kegiatan tersebut dinilai akan mengubah ‘rasa’ hari Anda sejak pagi sampai malam hari Anda menutup mata. Saat Anda berolahraga, ada senyawa kimia bernama endorphin yang lepas ke dalam darah dan hal tersebut membuat Anda lebih segar dan enerjik sepanjang hari. Bahkan senyawa kimia tersebut juga bisa membuat otak Anda lebih rileks.
  1. Mampu Mencairkan Stres dan Dapat Memberi Hiburan
Manfaat olahraga lainnya bagi kesehatan jiwa yaitu mampu menurunkan tingkatan stres yang sedang dimiliki seseorang. Meskipun hanya melakukan gerakan-gerakan kecil, namun diketahui bahwa olahraga juga bisa memberikan efek relaksasi yang mampu menimbulkan dampak positif bagi siapapun yang melakukannya. Terlebih lagi jika olahraga dilakukan di luar tempat tinggal atau tempat kerja kita, mungkin di lapangan, gym, GOR, atau lainnya, maka itu akan memberi hiburan tersendiri karena dengan berubahnya susana akan menghilangkan kejenuhan. Ajaklah seseorang untuk menemani anda berolahraga supaya lebih menyenangkan. Selain itu efek psikologi lain yang bisa Anda rasakan adalah meningkatnya rasa bahagia, rasa marah yang berkurang dan bahkan mampu meningkatkan hubungan dengan orang di sekitar Anda.
  1. Meningkatkan Kapasitas Otak
Seperti yang sudah dibahas di paragraf sebelumnya, ada fakta yang menyebutkan bahwa salah satu manfaat olahraga bagi kesehatan manusia adalah mampu meningkatkan kapasitas otak. Faktanya memang berolahraga bisa meningkatkan energi di dalam tubuh dan menambah jumlah serotonin di dalam otak. Serotonin sendiri adalah salah satu hormon di otak yang fungsinya sebagai modulator kapasitas kerja otak yang mengatur kestabilan emosi seseorang, pemahaman akan suatu hal dan juga napsu makan.
  1. Banyak Waktu yang Tersedia
Keuntungan lain dari berolahraga adalah Anda tidak perlu kesulitan mencari waktu yang tepat untuk berolahraga. Pada dasarnya untuk mendapatkan manfaat olahraga bagi kesehatan jasmani dan rohani, Anda bisa memanfaatkan waktu luang dan tempat apapun. Anda bahkan tidak perlu menggunakan peralatan olahraga seperti sepatu dan sebagainya. Anda bisa melakukannya setelah bangun tidur, sambil mendengarkan musik, saat istirahat kerja, dan sebagainya.
  1. Olahraga Mendekatkan Jalinan Komunikasi
Manfaat yang mungkin tidak Anda sadari bisa didapatkan dengan berolahraga adalah Anda bisa lebih dekat dengan orang lain. Saat hubungan Anda dan keluarga sedikit renggang, ajaklah mereka berolahraga bersama. Rasakan kebersamaan dengan keluarga dan hal tersebut jelas terasa sangat menyenangkan. Selain itu Anda juga bisa bertemu dengan teman-teman baru yang mungkin memiliki hobi olahraga yang sama. Anda bisa lebih mendekatkan diri kepada teman-teman satu tim saat bermain futsal, basket, dan sebagainya. Dan itulah manfaat olahraga bagi kesehatan manusia terutama kesehatan mental dan jiwa.
  1. Melatih Jantung Agar Lebih Baik
Manfaat olahraga bagi kesehatan manusia yang lain adalah mampu melatih jantung Anda agar menjadi lebih kuat. Sebagai salah satu organ tubuh yang sangat penting dalam kehidupan manusia, jantung bisa bekerja lebih efektif dan mampu mengurangi plak yang ada dalam pembuluh darah yang bisa menghambat pembuluh darah tersebut. Fakta inilah yang membuat olahraga sangat baik untuk jantung agar bisa memompa darah secara lebih maksimal.

Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani

Seperti yang sedari tadi sudah kita bahas bahwa olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh saja. Tetapi olahraga juga cukup berkontribusi penting untuk kesehatan rohani atau jiwa kita. Sekarang silahkan Anda coba sendiri efek positif olahraga bagi kesehatan jiwa dan mental Anda. Misalkan saja Anda sedang melakukan program diet, kemudian Anda melengkapi program diet Anda tersebut dengan berolahraga secara rutin. Nah, hasil yang akan Anda dapatkan bukan hanya tubuh Anda menjadi lebih proporsional. Tetapi di jiwa Anda pun merasakan efek bahagia dan senang karena tubuh Anda sudah lebih proporsional. Mental Anda pun semakin kuat karena Anda sudah semakin percaya diri dengan tampilan Anda yang sudah semakin sempurna. Itu adalah satu efek domino yang sebenarnya Anda rasakan secara tidak langsung.

Namun jika dikaji secara umum, manfaat olahraga bagi kesehatan manusia akan sangat terasa dan bermanfaat bagi kebugaran tubuh. Manfaat-manfaat itulah yang kemudian memotivasi semua orang yang hobi atau sudah terbiasa rutin berolahraga. Kesimpulannya, dengan berolahraga Anda bisa lebih sehat, memiliki lebih banyak energi, menurunkan berat badan, mengurangi stres, dan tentunya bisa merasakan hidup yang lebih baik dan lebih positif. Ingatlah pepatah, “Dalam tubuh yang sehat hidup jiwa yang kuat.” Benar sekali, bukan?
Sumber: http://www.dedaunan.com

Tidak ada komentar:

| Copyright © 2013 tabloid cendekia utama