Ayu Arman: Dari Menulis Telah Mengantarkannya Keliling Nusantara

Ayu Arman dikenal sebagai penulis Biografi dan tema-tema budaya dan perempuan. Ia kuliah di Universitas Islam Negeri –SyarifHidayatullah –Jakarta dan mengawali karir penulisan sebagai wartawan.

Di masa mahasiswa, ia banyak menulis artikel dan kolom yang memperjuangkan kesetaraan gender dalam Islam. Ia juga ikut membangun Komunitas Front Adokasi Perempuan (FAJAR), sebuah tempat yang mengusahakan kesetaraan dan keadilaan perempuan melalui diskusi dan kesenian di Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah-Ciputat-Jakarta (2000-2003) dan juga terlibat dalam Jaringan Intelektual Muda Muhammadiyah (JIMM).

Buku pertamanya, Kala Perempuan Diuji; 18 Kisah tentang Kekuatan Para Perempuan Melampaui Cobaan ( Suluk, 2008). Buku ini merupakan refleksi dari perjalanan dan perjumpaannya dengan beberapa korban KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga) yang ia temui. Kisah-kisah yang dituturkan oleh perempuan dalam buku ini adalah nyata adanya, yang kemudian ia ikat dalam sebuah cerita, yang berangkali dapat menjadi kekuatan para perempuan dalam mengarungi kehidupan.

Buku-buku Ayu Arman yang lain kemudian mengambil genre Biografi para tokoh dan pofil wisata nusantara: Mengantar Raja Ampat ke Pentas Dunia, Biografi Drs. Marcus Wanma ( Nala Publishing, 2009), Lelaki itu Hugua, Bertindak Lokal Berefek Global (Nala Publishing,  2010), Namaku Namto, Berpikir, Bertindak dan Berbuat (Nala Publishing,  2012), Raja Ampat, History and Culture (Nala Publishing,  2012), Menuju Murung Raya Emas 2030; sebuah Pikiran dan Tindakan(Nala Publishing, 2013), Memerdekan Murung Raya Untuk Indonesia: sebuah Biografi dr. Ir. Willy M Yoseph ( Nala Pubslishing, 2013), Derap Langkah Kepemimpinan Marinda Dalam Membangun Raja Ampat 2002-2015 (Nala Publishing, 2014) From Deep Inside dr. Moch. Affandi, Sp. KK (K), Penggagas Klinik Estetika-1948-2005 (Nala Publishing, 2015), Kemala Motik, sebuah Biografi (Nala Publishing 2015), Festival Teluk Jailolo, Celebrating the People, Culture, and Nature of West Halmahera, dan buku-buku lainnya.

Biografi yang ditulis oleh Ayu Arman tidak hanya mengurai kisah perjalanan hidup sang tokoh saja. Dalam setiap buku biografi garapannya, ia menguraikan sang tokoh dengan pendekatan sosiologis, antropologis, ideologis, psykologis dan, filosofis sang tokoh. Sehingga buku-buku biografi yang ditulisnya adalah sebuah memoar yang sarat dengan nilai-nilai lokalitas dari daerah sang Tokoh. Apalagi dipadu dengan gaya Ayu Arman menulis dengan narasi yang sastrawi membuat tokoh tokoh yang dipanggungkanya dalam buku selalu tampak hidup.

Tidak ada komentar:

| Copyright © 2013 tabloid cendekia utama