Kreativitas Baru dalam Pendidikan

Tabloid Cendekia Utama:  
Rekan Guru dan pembaca lainnya sebelum mulai bahasan pokok saya tawarkan link untuk mendulang dollar, Registrasi GRATIS dan Cari dollarnyapun relatif mudah. Teman reman pendidik, saya sampaikan hal ini, mohon feedbacknya pada kolom komentar di bawah. terima kasih.
Kreativitas  dalam pendidikan akan menciptakan penemuan baru atau inovasi. Terminologi  atau istilah  Innovation dalam Bahasa Inggris sering diterjemahkan segala hal yang baru atau pembaharuan Untuk memahami lebih dalam lagi mengenai pengertian inovasi pendidikan perlu diketahui juga tentang pengertian discovery dan  invention yang dalam bahasa Indonesia kata tersebut mengandung arti ditemukannya sesuatu hal yang baru, baik hal tersebut pada konsepnya sudah ada pada waktu lampau namun baru ditemukan kembali atau bahkan memang hal-hal yang baru ditemukan.
Disebutkan bahwa kreativitas baru atau  inovasi ialah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat) baik itu berupa hasil invensi maupun diskoveri. Inovasi dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu atau untuk memecahkan suatu masalah tertentu.
Discovery ialah penemuan sesuatu yang sebenarnya sudah ada, tetapi belum diketahui orang keberadaannya. Misalnya penemuan benua Amerika. Pada dasarnya benua Amerika sudah lama ada, namun baru ditemukan oleh Columbus pada tahun 1492, maka dikatakan bahwa Columbus merupakan penemu benua Amerika.
Invensi (invention) merupakan kebalikan dari diskoveri yakni sebuah penemuan yang benar-benar baru, artinya hasil kreasi manusia itu sendiri. Misalnya penemuan teori-teori belajar yang didapat dari hasil kreasi manusia yang didasarkan dari pengalaman, pengamatan, serta penelitian lanjutan.
Menurut pengertian tersebut bahwa sebuah inovasi itu harus suatu hal yang dapat memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi. Inovasi pendidikan yang disampaikan merupakan suatu perubahan yang baru, dan kualitatif berbeda dari hal (yang ada sebelumnya), serta sengaja diusahakan untuk meningkatkan kemampuan guna mencapai tujuan tertentu dalam pendidikan.
Dari definisi tersebut terdapat kata kunci yang dititik beratkan, yaitu “baru” merupakan apa saja yang belum dipahami, diterima atau dilaksanakan, meskipun begitu kata baru merupakan relatif karena baru bagi sebagian orang belum tentu bagi sebagian yang lain. “Kualitatif” yang berarti memungkinkan adanya restrukturisasi atau pengaturan kembali unsur-unsur dalam dunian pendidikan. “kesengajaan” berarti bahwa yang dilakukan merupakan sebuah hal yang disengaja, bukan diperoleh secara tiba-tiba. “meningkatkan” dimaksudkan bahwa inovasi pendidikan dapat memberi peningkatan kualitas pendidikan. Serta “tujuan” yang merupakan hasil akhir yang diharapkan dari sebuah pengembangan atau inovasi pendidikan. Pendidikan adalah suatu sitem, maka inovasi pendidikan mencakup hal-hal yang berhubungan dengan komponen sistem pendidikan, baik sistem dalam arti sekolah, perguruan tinggi atau lembaga pendidikan yang lain, maupun sistem dalam arti yang luas misalnya Sistem Pendidikan Nasional.
Berdasarkan uraian tersebut, dapat dikemukakan bahwa yang dimaksud dengan inovasi di bidang pendidikan adalah usaha mengadakan perubahan dengan tujuan untuk memperoleh hal yang lebih baik dalam bidang pendidikan.Diantara kreativitas dan penemuan baru adalah dalam penyusunan soal. 

Demikianlah penemuan dan kreativitas baru dalam Pendidikan akan meningkatkan keberhasilan dalam mendidik.
Sumber: http://depoknegeriku.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

| Copyright © 2013 tabloid cendekia utama