10 Penemuan Terbesar di Dunia Medis Sepanjang Masa







Perkembangan ilmu pengetahuan bergerak begitu cepat di masa sekarang. Setiap penemuan menuntun kepada penemuan-penemuan baru yang tak bisa lagi dihitung jumlahnya. Bisa dikatakan pemahaman imiah kita terus berkejaran dengan waktu. Begitu besar wujud perkembangan dunia ilmu pengetahuan dan begitu besar pula dampaknya terhadap gaya hidup kita; yang kadang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Hal ini juga bisa dilihat pada berbagai perkembangan dunia medis dan kesehatan. Meskipun masih begitu banyak komplain terhadap pelayanan kesehatan yang masih belum memadai, kita harus bersyukur bahwa pada masa ini berbagai penemuan di dunia kesehatan telah mampu menanggulangi berbagai penyakit yang jauh beberapa abad bahkan dekade sebelumnya belum bisa disembuhkan. Untuk melihat lebih dalam mengenai apa saja penemuan di dunia medis yang memiliki dampak besar bagi kehidupan kita sekarang, mari kita lihat 10 penemuan terbesar di dunia medis/kesehatan yang telah kami pilihkan berikut ini. Poin Konten [Buka]

Vitamin

Penemuan vitamin oleh Frederick Hopkins dan para ilmuwan sezaman dengannya, dilengkapi melalui studi pemberian makanan pada hewan di awal 1900an, yang kemudian membawa kepada pemahaman yang lebih baik mengenai gizi dan membantu mencegah berbagai penyakit dan gangguan akibat kekurangan vitamin dan gizi.

HIV

Human Immunodeficiency Virus (HIV), lentivirus (subkelompok retrovirus) yang menyebabkan penyakit Acquired ImmunoDeficiency Syndrome (AIDS), ditemukan pada tahun 1980an oleh Robert Gallo dan Luc Montagnier dan sebagai upaya menindaklanjuti membanjirnya pasien yang mengidap penyakit baru tersebut pada masa itu. Meskipun sampai saat ini masih belum ditemukan obat yang tepat, namun penemuan tersebut membawa kesadaran akan bahaya seks bebas, penggunaaan jarum suntik secara sembarangan, dan berbagai media penyebar virus ini. Penemuan ini juga memicu munculnya berbagai penelitian lanjutan dan upaya pengobatan terhadap penyakit ini.

Sistem Peredaran Darah

Sistem peredaran darah manusia pertama kali dideskripsikan secara akurat di tahun 1242 oleh seorang tabib bernama Ibnu Al-Nafis, dan kemudian dipopulerkan oleh William Harvey pada tahun 1628.  Penemuan ini membawa kepada pemahaman yang jauh lebih baik mengenai tubuh manusia secara umum dan berkontribusi pada cara penanganan dan pengobatan penyakit sekarang ini.

X-Ray (Sinar X)

Sebelum X-Ray (dalam bentuk jamak disebut X-radiation) ditemukan, penanganan patah tulang dan upaya memahami isi tubuh manusia adalah hal yang sangat sulit dilakukan. Hal ini menjadi mungkin dilakukan, dengan mudah, setelah Conrad Rontgen menemukan teknik ini pada tahun 1895, dan uniknya, dia menggunakannya pertama kali untuk menciptakan gambar tangan istrinya.

DNA

DNA (asam deoksiribonukleat, ing: deoxyribonucleic acid) ditemukan oleh seorang dokter Swiss bernama Friedrich Miescher dan pertama kali dikenal dengan nama “nuclein”. Penemuan ini membawa kepada pemahaman yang lebih baik mengenai sejumlah besar penyakit, terlebih lagi menjadi sandaran penemuan-penemuan besar di masa depan, karena terapi genetis semakin umum digunakan. Tentunya, penemuan DNA juga menjadi bahan berbagai diskursus mengenai hakikat dan peran manusia.

Insulin

Sebelum hormon insulin ditemukan pada 1920 oleh Frederick Banting, diabetes adalah penyakit pembawa kematian secara perlahan dan menyakitkan. Kini, sebagai dampak dari penemuan besar ini, penderita diabetes di seluruh dunia dapat hidup dengan normal layaknya mereka yang tidak menderita penyakit ini.

Anestesi

Anestesi (anaesthetic) adalah obat bius yang menyebabkan anestesia, kehilangan rasa dalam waktu tertentu dan bisa dipulihkan. Anestesi biasa digunakan di dalam proses operasi atau bedah untuk “menghilangkan” rasa sakit pada pasien saat proses tersebut berlangsung.

Teori Kuman

Jika sekarang kita bisa dengan mudah meraih penisilin untuk menangani kuman/bakteri, hal ini tidak mungkin dilakukan jika Louis Pasteur tidak mengawalinya dengan “Teori Kuman“, yang menjelaskan berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan membawa kepada kesadaran untuk memperhatikan higienitas dan sanitasi.

Vaksinasi

Pada awalnya, konsep vaksinasi (menggunakan sejumlah dosis kecil virus atau penyakit yang telah dilemahkan untuk mengajarkan tubuh membentuk sistem kekebalan terhadap virus atau penyakit tersebut) adalah hal yang kontroversial di dunia barat. Tetapi pada akhirnya, berkat vaksinasilah kita bisa menekan penyebaran berbagai penyakit dan bahkan memberantas beberapa penyakit mematikan di dunia.

Penisilin

Penisilin (Penicillin) ditemukan oleh Alexander Flemming di tahun 1928 dan merupakan bahan pelajaran yang paling sering dibahas. Penisilin termasuk dalam “pengubah alur permainan” dalam dunia kedokteran karena pada dasarnya penemuan penisilin menjadi awal penemuan-penemuan antibiotik selanjutnya yang kita gunakan untuk memerangi bakteri. Sebelumnya, jika anda mengalami infeksi besar karena luka pada kaki, maka anda harus memilih antara dua hal: amputasi atau kematian. Mungkin setelah membaca, akan terlintas di pikiran anda, “Penemuan hebat apa lagi yang akan hadir 100 tahun mendatang?
(Sumber:http://www.kolomsehat.com)

Tidak ada komentar:

| Copyright © 2013 tabloid cendekia utama